PRA UJIAN NASIONAL MAPEL BAHASA INDONESIA PAKET 2

Posted on

 7,911 total views,  4 views today

Soal 1
Bacalah teks paragraf berikut dengan saksama!

(1) Keputusan pemerintah mengharuskan kendaraan dinas menggunakan BBM tidak bersubsidi diabaikan di banyak daerah. (2) Aksi ini dilakukan di lingkungan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (3) Demikian juga di Bojonegoro mobil pemerintah masih menggunakan BBM bersubsidi. (4) Di Batam, Kepulauan Riau juga kendaraan dinas masih mengisi BBM bersubsidi. (5) Praktik serupa juga dilakukan oleh pemilik mobil dinas di Lambata, NTT, Mamuja Utara, Sulawesi Barat, Makasar, dan Palembang.

Makna istilah bersubsidi dalam paragraf tersebut adalah …

A.     bahan bakar diperuntukkan rakyat kecil
B.     bahan bakar khusus untuk mobil rakyat
C.      mendapat bantuan uang dari pemerintah
D.     bantuan pemerintah untuk rakyat kecil
E.     penyaluran bahan bakar dari pemerintah

Soal 2
Bacalah teks paragraf berikut dengan saksama!

Banjir pada musim hujan yang diperkirakan bulan Oktober ini tetap akan mengancam Kota Surabaya. Ancaman itu sulit dihindari. Hal itu disebabkan seluruh sarana termasuk penambahan pompa air dan pengerukan serta pelebaran saluran belum dilakukan secara maksimal.  Pemerintah juga belum maksimal mengatasi masalah ini. Warga harus memperbaiki drainse di rumahnya masing-masing.

Mengapa Kota Surabaya tidak  terhindar dari banjir?  

A.     Karena seluruh saluran belum dilebarkan  dan dikeruk secara maksimal.
B.     Karena seluruh sarana pengendalian banjir  belum dapat dioperasionalkan secara maksimal.
C.      Karena pengerukan di bantaran sungai belum dilakukan oleh pemerintah secara baik.
D.     Karena penambahan pompa air belum dapat dioperasikan secara maksimal.
E.     Karena dua tahun belakangan ini baru memperoleh penambahan pompa air.       

Soal 3
Perhatikan paragraf berikut!

Kebijakan migas Indonesia berubah drastis ketika terbit UU Nomor 22 tahun 2001 tentang migas pasca krisis yang menghantam Indonesia. Sejak itu sistem regulasi migas berubah 180 derajat. Kekuasaan dan kebijakan migas tidak lagi berada di Pertamina dan Kementerian ESDM,  tetapi ke Badan Pengelola Migas (BP Migas, yang sudah dibubarkan oleh MA) di hulu dan Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) di hilir.

Tentu dalam mengatur migas, kedua badan tersebut juga mengeluarkan berbagai kebijakan, namun sering kali bertabrakan dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM dan Kementrian lain. Demikian sebaliknya. Kontrak Karya dengan investor asing migas yang sebelum keluarnya UU No. 22/2001 dilakukan oleh Pertamina, berada di bawah kendali BP Migas hingga MK membubarkan BP Migas melalui Keputusan MK No. 36/PUU-X/2012.           

Baca Juga :  TAHAPAN TERPENTING UNTUK LULUS SNMPTN 2020

Ide pokok paragraf tersebut adalah …

A.     perubahan regulasi migas Indonesia
B.     pengaturan migas yang drastis
C.      perubahan kebijakan migas Indonesia
D.     pembubaran Badan Pengelola Migas
E.     pengeluaran berbagai kebijakan di Indonesia        

Soal 4
Cermati kutipan berikut!

(1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal  polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri  yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.

Kata tidak  baku terdapat pada kalimat ….

A.     (1)
B.     (2)
C.      (3)
D.     (4)
E.     (5)

Soal 5
Bacalah kutipan berikut!

Kegiatan politik HAMKA bermula pada tahun 1925 saat menjadi anggota parti politik Sarikat Islam. Pada tahun 1945, beliau membantu menentang maraknya kembali penjajah Belanda ke Indonesia melalui pidato dan menyertai kegiatan gerilya di dalam hutan di Medan. Pada tahun 1947, HAMKA dilantik sebagai ketua Barisan Pertahanan Nasional, Indonesia. Beliau menjadi anggota Konstituante Masyumi dan menjadi pemidato utama dalam Pemilihan Umum 1955. Masyumi kemudian diharamkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960. Dari tahun 1964 hingga tahun1966, HAMKA telah dipenjarakan oleh Presiden Sukarno karena dituduh pro-Malaysia. Semasa di penjara beliau menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya. Setelah keluar dari penjara, HAMKA dilantik sebagai ahli Badan Musyawarah Kebajikan Nasional Indonesia, anggota Majelis Perjalanan Haji Indonesia, dan anggota Lembaga Kebudayaan Nasional, Indonesia.

Baca Juga :  CONTOH KISI-KISI MATA UJIAN SEKOLAH PELAJARAN SEJARAH

Masalah yang dihadapi tokoh dalam biografi tersebut adalah  …

A.     Dipenjara karena aktif kegiatan berpolitik
B.     Pidatonya berisi politik pro-Malaysia
C.      Menulis karya ilmiah tentang Belanda
D.     Aktif kegiatan politik pro-Belanda
E.     Dipenjara karena dituduh pro-Malaysia

Soal 6
Bacalah kutipan berikut!

(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah …

A.     Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B.     Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
C.      Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D.     Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.
E.     Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga BBM.

Soal 7
Cermati kutipan novel berikut untuk soal

Sebelum subuh mereka telah bangun. Siti Rubiyah ikut bangun pagi dan memasak kopi dan makanan pagi untuk mereka. Buyung merasa agak berat dalam hatinya berangkat. Dia teringat Siti Rubiyah yang ditinggalkan sendiri dengan

Wak Hitam yang masih sakit. Kemarin malam panasnya naik lagi hingga dia mengerang-ngerang sepanjang malam dan sepanjang malam terdengar dia tak tertidur. Akan tetapi, berbalik-balik dengan gelisah di atas tempat tidurnya. Dan tiap sebentar terdengar gerak Siti Rubiyah di dalam kamar mengambil air minum untuknya.

Baca Juga :  PAKET 1 : PERSIAPAN UJIAN SEKOLAH MAPEL BAHASA INGGRIS

 Harimau! Harimau! Muchtar Lubis

Watak Buyung seorang yang perhatian dan peduli kepada orang lain dideskripsikan pengarang dalam kutipan tersebut dengan ….

A.     pikiran-pikiran tokoh
B.     dialog antartokoh
C.      tanggapan tokoh lain
D.     secara langsung
E.     lingkungan di sekitar tokoh

Soal 8
Cermatilah penggalan cerpen berikut!

Sudah beberapa sore Wati datang ke pondokanku. Sore ini ia datang juga. Aku mulai curiga padanya. Yang dibicarakannya sudah bukan pelajaran melulu. Dulu terhadap Marwan pun diawali dengan hal-hal seputar pelajaran. Dugaanku tidak meleset, dia datang tidak sebagai murid. Sebagai gurunya, aku sering mengelakkan pertemuan-pertemuan dengan dia. Tetapi memang Wati gadis yang agresif. Aku makin jengkel….

Isi tersirat penyebab konflik yang terdapat dalam penggalan cerpen di atas adalah . . . .

A.     konflik fisik antara Wati dan Marwan
B.     konflik fisik antara tokoh aku dan Wati
C.      konflik batin antara Wati dan Marwa
D.     konflik batin tokoh aku terhadap Wati
E.     Konflik batin antara tokoh aku dan Marwan

Soal 9
Bacalah penggalan novel berikut!

 “Saudara-saudaraku, tiga kewajiban anak kepada orangtua yang meninggal. Satu, memandikan sesegar mungkin. Dua, memakaikan kain kafan sebagaimana mestinya. Ketiga, melakukan salat jenazah untuk orangtua. Handai taulan hanya membantu menguburkan jenazah di makam.” Begitu penjelasan Pak Zudan.

(Guruku, Ayahku, Kusmar Tedy)

Unsur ekstrinsik penggalan novel tersebut adalah …

A.     Etika.
B.     Adat.
C.      Sosial.
D.     Budaya.
E.     Agama.

Soal 10
Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!

Antibiotik merupakan substansi yang dihasilkan organisme hidup yang dalam konsentrasi rendah dapat membunuh organisme lainnya. Secara sederhana, antibiotik adalah obat untuk menanggulangi infeksi bakteri. Antibiotik ini sangat penting karena infeksi bakteri dapat menyerang di bagian tubuh mana pun. Apabila infeksi ini menyerang otak, akan menjadi meningitis, karena paru-paru, dan akan menadi bronkitis.

Hal yang diungkapkan dalam kutipan esai di atas adalah ….

A.     infeksi yang menyerang otak manusia
B.     infeksi yang mengenai paru-paru manusia
C.      kegunaan antibiotik bagi tubuh manusia
D.     infeksi bakteri yang menyerang bagian tubuh tertentu
E.     antibiotik yang diproduksi dari tumbuhan tingkat tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *