PRA UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA PAKET1

Posted on

 22,946 total views,  1 views today

Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Paket1. Soal-soal disusun untuk membantu siswa dalam menghadapi Ujian Nasional

Pra Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA Paket1 (1 – 5)

Soal 1
Bacalah teks paragraf berikut dengan saksama!

(1) Keputusan pemerintah mengharuskan kendaraan dinas menggunakan BBM tidak bersubsidi diabaikan di banyak daerah. (2) Aksi ini dilakukan di lingkungan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. (3) Demikian juga di Bojonegoro mobil pemerintah masih menggunakan BBM bersubsidi. (4) Di Batam, Kepulauan Riau juga kendaraan dinas masih mengisi BBM bersubsidi. (5) Praktik serupa juga dilakukan oleh pemilik mobil dinas di Lambata, NTT, Mamuja Utara, Sulawesi Barat, Makasar, dan Palembang.

Kalimat utama  paragraf tersebut adalah  nomor …

A.     (1)
B.     (2)
C.      (3)
D.     (4)
E.     (5)

Soal 2

Bacalah paragraf berikut!

1) Kompetisi yang sehat bisa memberi efek positif bagi pesertanya. 2) Lomba tidak hanya bisa mengasah kemampuan. 3) Hadiahnya juga cukup menggiurkan. 4) Pasti bangga dong punya teman yang selalu jadi juara kompetisi. 5) Mungkin karena itu, banyak orang yang gemar mengikuti lomba seperti semut menyukai gula.

Kalimat penjelas yang tidak mendukung ide pokok paragraf di atas adalah ….

A.     1)
B.     2)
C.      3)
D.     4)
E.     5)

Soal 3
Perhatikan paragraf berikut!

(1) Seorang pengusaha yang  sukses dihormati banyak orang karena ke mana pun ia pergi akan selalu mendapat perlakuan istimewa. (2) Pengusaha yang sukses diharapkan dapat membantu orang lain mendapatkan pekerjaan, bantuan modal, sumbangan atau apa saja yang menguntungkan orang lain. (3) Tapi sukses dalam berbisnis bukanlah perkara gampang, membutuhkan ketekunan dan kerja keras. (4) Inilah pengalaman Yudistira menjadi seorang pengusaha es krim yang sukses. (5) Sejak duduk di bangku SMP, Yudistira sudah belajar berdagang es krim di stasiun kereta api Cirebon.

Baca Juga :  Cerdas Soal Biologi SMA Seri X.3.11_1 Perubahan Lingkungan dan Jenis Pencemaran

Kalimat yang berisi fakta dari penggalan teks tersebut ditandai dengan nomor ….          

A.     (1) dan (3)
B.     (2) dan (4)
C.      (2) dan (5)
D.     (3) dan (5)
E.     (4) dan (5)

Soal 4

Perhatikan bacaan berikut

(1) Telkom memiliki program IndiShcool yang akan memasang akses poin di 100 ribu dari total 360 ribu sekolah pada 2013. (2) “Harganya sangat terjangkau untuk anak sekolah,” ujar Oki, di sela acara Global Youth Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis, 6 Desember 2012. (3) Jika 10 juta  hotspot terpasang, kata Oky, Indonesia akan menjadi negara dengan akses poin terbanyak di dunia. (4) Saat ini, Indonesia hanya memiliki 100 ribu titik WiFi (jumlah akses poin jaringan nirkabel), masih kalah jauh ketimbang Cina yang memiliki 6 juta akses poin. (5) Korea memiliki dua juta akses poin, dan Singapura memiliki 500 ribu. (6) Korea dan Singapura kemungkinan tak akan menambah akses poin karena sudah jenuh dan semua wilayah terdapat WiFi. (7)Sasaran utama pemasang akses poin berinternet melalui Wifi ini, yaitu  pendidikan, pengusaha menengah dan kecil, serta layanan publik.. (8)  “Paling kita bersaing dengan Cina dan India yang sama-sama memiliki wilayah luas,” ujar Oki.

Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah …

A.     Mengintruksikan kepada warga sekolah agar memasang akses poin karena murah.
B.     Menjelaskan bahwa pemasangan akses poin saat ini sangat mudah bagi anak sekolah.
C.      Meyakinkan bahwa Telkom memiliki jaringan internet yang sangat luas.
D.     Mempromosikan bahwa Telkom memiliki program akses poin yang sangat murah.
E.     Menginformasikan bahwa Telkom akan memasang akses poin di 100 ribu sekolah.

Soal 5

Bacalah kutipan berikut!

Kegiatan politik HAMKA bermula pada tahun 1925 saat menjadi anggota parti politik Sarikat Islam. Pada tahun 1945, beliau membantu menentang maraknya kembali penjajah Belanda ke Indonesia melalui pidato dan menyertai kegiatan gerilya di dalam hutan di Medan. Pada tahun 1947, HAMKA dilantik sebagai ketua Barisan Pertahanan Nasional, Indonesia. Beliau menjadi anggota Konstituante Masyumi dan menjadi pemidato utama dalam Pemilihan Umum 1955. Masyumi kemudian diharamkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960. Dari tahun 1964 hingga tahun1966, HAMKA telah dipenjarakan oleh Presiden Sukarno karena dituduh pro-Malaysia. Semasa di penjara beliau menulis Tafsir al-Azhar yang merupakan karya ilmiah terbesarnya. Setelah keluar dari penjara, HAMKA dilantik sebagai ahli Badan Musyawarah Kebajikan Nasional Indonesia, anggota Majelis Perjalanan Haji Indonesia, dan anggota Lembaga Kebudayaan Nasional, Indonesia.

Baca Juga :  Paket3 : Persiapan Ujian Sekolah SMA Mapel Sejarah

Keteladan tokoh HAMKA dalam kutipan biografi tersebut adalah …

A.     Menulis tafsir al-Azhar semasa dipenjara
B.     Menentang  penjajah Belanda kembali ke Indonesia
C.      Menjadi ketua Barisan Pertahanan Nasional
D.     Dilantik sebagai ahli Badan Musyawarah
E.     Menjadi anggota Lembaga Kebudayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *