PANDUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Posted on

 5,146 total views,  207 views today

Salah satu langkah pencegahan dan pengendalian pengendalian infeksi Virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain atau lebih dikenal dengan social distancing. Penerapan social distancing bermakna bahwa seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan (bersentuhan fisik) serta menjaga jarak setidaknya 1 (satu) meter saat berinteraksi dengan orang lain selama masa pandemik virus corona atau COVID-19. Hal yang utama perlu dihindari adalah berinteraksi dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19 atau bahkan orang yang kelihatan sehat padahal sesungguhnya adalah carrier (pembawa virus).

Penerapan social distancing yang dilakukan di bidang pendidikan antara lain bekerja dari rumah (work from home), belajar di rumah secara online bagi siswa sekolah dan mahasiswa, melakukan pertemuan atau rapat secara online lewat konferensi video atau teleconference. Berkenaan dengan hal tersebut, Menteri Pandidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan Surat Edaran Nomor 6962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid 19. Dalam edaran tersebut ditegaskan pemberlakuan pembelajaran secara daring dari rumah bagi siswa dan mahasiswa. Demikian pula pegawai, guru, dan dosen melakukan aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah dari rumah (Bekerja Dari Rumah/BDR) melalui video conference, digital documents, dan sarana daring lainnya. Hal lain ditegaskan dalam edaran tersebut perlunya pimplnan satuan kerja membuat pedoman pelaksanaan BDR atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan pembelajaran daring disesuaikan dengan kebutuhan setempat. Hal ini sebagai salah satu wujud dari Program Merdeka Belajar yang sekarang ini menjadi program utama Kemdikbud.

Baca Juga :  TRASNPORTASI MEMBRAN

Berikut ini salah satu contoh Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk jenjang Sekolah Menngah Atas (SMA)  

1.       Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan dalam moda daring dengan memanfaatkan portal-portal pembelajaran online seperti rumah belajar kemendikbud, google classroom, edmodo, quiziz,  ruang guru, quiper, atau bentuk lainnya. Aplikasinya sangat mudah untuk didownload.

2.       Guru mata pelajaran melakukan PJJ sesuai dengan kelas-kelas yang diampuh. Jika terdapat lebih dari 1 (satu) kelas paralel yang diampuh dapat dilaksanakan PJJ secara bersamaan.

3.       Guru mata pelajaran melakukan PJJ mengikuti jadwal yang telah diatur (Jadwal disusun dalam satu minggu)

4.       PJJ yang dimaksudkan bukan hanya sekedar guru memberikan tugas kepada siswa tetapi guru melakukan interaksi dengan siswa dalam moda daring  dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan berbagai aplikasi seperti zoom cloud, google meet, skype, webex meet,  dan sebagainya (WA Group juga dapat dijadikan alternatif walaupun sangat terbatas interaksinya)

5.       Guru mata pelajaran tidak memberikan tugas diluar jadwal yang telah di atur, agar siswa tidak terlalu terbebani mengingat siswa harus memenuhi PJJ untuk semua mata pelajaran.

6.       Guru Mata pelajaran tetap melakukan absensi atas partisipasi siswa dalam mengikuti PJJ dengan berbagai cara, salah satunya dengan google form.

7.       Guru mata pelajaran dalam memberikan tugas diluar jadwal PJJ memperkirakan tugas dapat diselesaikan oleh siswa antara 45 – 60 menit (merujuk pada Panduan PTT dan KMTT)

8.       Guru mata pelajaran membuat video hasil PJJ dengan siswa untuk menjadi inspirasi bagi guru se Indonesia dalam melaksanakan PJJ moda daring dalam situasi dan kondisi yang sangat dibutuhkan sekarang ini\

9/       Guru mata pelajaran membuat laporan pelaksanaan PJJ pada masing-masing kelas yang diampuh

Baca Juga :  CORONA, GURU PENGGERAK DAN MERDEKA BELAJAR

10.     Kepala Sekolah dan Wakasek kurikulum memantau efektifitas pelaksanaan PJJ oleh setiap guru mata pelajaran dan memastikan semua kelas memperoleh PJJ semua mata pelajaran sesuai jadwal yang telah diatur.

Contoh jadwal pelaksanaan PJJ sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *