Komponen Kimiawi Penyusun Sel

Posted on

 895 total views,  1 views today

Cerdas LKPD Seri XI 3.1_1 Biologi SMA
Komponen Kimiawi Penyusun Sel

KOMPETENSI DASAR

3.1 Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil kehidupan

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik diharapkan dapat mendeskripsikan komponen kimiawi penyusun sel

MATERI PEMBELAJARAN

1. Sejarah Sel

Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari kehidupan. Sel merupakan komponen pembentuk organisme hidup. Penemuan Sel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris bernama Robert Hooke pada tahun 1665. Saat itu Hooke mengamati sel melalui sayatan tipis dari batang tumbuhan dibawah mikroskop cahaya, dan ia menganggap hal tersebut sebagai suatu kamar kosong (cellula).

Berdasarkan hasil penemuan-penemuan para ilmwan, maka secara umum ciri-ciri sel : 1) Dikelilingi oleh membran plasma, 2) Terdiri dari protoplasma yang merupakan kesatuan dari sitoplasma dan inti sel, 3) Mengandung kromosom, 4) Memiliki ribosom.

Sel dipelajari dengan diamati menggunakan mikroskop cahaya (perbesaran 2000 kali) atau mikroskop elektron (perbesaran 500.000 kali), dan organelnya diamati dengan fraksinasi sel.

2. Tipe Sel

Secara struktural, terdapat dua tipe sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.

a. Sel Prokariotik
Sel prokariotik, yaitu sel yang tidak memiliki membran inti. Materi genetik (DNA) pada sel prokariotik tampak terkonsentrasi pada suatu tempat yang disebut nukleoid. Contoh: sel bakteri

b. Sel Eukariotik
Sel eukariotik, yaitu sel yang memiliki membran inti. Pada sitoplsama atau daerah anatar nukleus dan membran sel, terdapat medium semi cair yang disebut sitosol, serta organel-organel sel yang sebagian besar tidak terdapat pada sel prokariotik. Contoh: sel jamur, sel hewan, sel tumbuhan.

Baca Juga :  Cerdas LKPD Biologi SMA Seri XI 3.10_2 Sistem Saraf

Baca Juga : Ovulasi dan Menstruasi

3. Komponen Kimiawi Penyusun Sel

Didalam sel hidup, terdapat senyawa kimiai yang dihasilkan dari aktivitas sel, disebut biomolekul. Seluruh senyawa tersebut saling berinteraksi secara terarah dan teratur, sehingga menunjukkan ciri kehidupan.

Secara kimia, protoplasma merupakan kumpulan berbagai molekul organik dan anorganik. Komposisi protoplasma terdiri atas 75 % air, 10-15 % karbohidrat, 2-10 % protein, 1-10 % lipid, dan sekitar 1 % mineral. Selain itu, terdapat juga asam nukleat di dalam protplasma.

a. Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar (sumber energi), bahan penyusun struktur sel, dan sumber energi. Berdasarkan jumlah monomer yang menyusun polimer, karbohidrat dapat digolongkan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

b. Protein
Protein berfungsi sebagai dukungan struktural, penyimpanan, pergerakan. Transpor substansi tertentu, pengiriman sinyal, enzim, dan pertahanan untuk melawan substansi asing. Semua jenis protein merupakan polimer yang dibangun dari 20 jenis asam amino.

c. Lipid
Fungsi lipid sebagai komponen struktural membran sel, cadangan bahan bakar(sumber energi), lapisan pelindung, komponen vitamin, dan komponen hormon. Lipid bersifat hidrofobik, yaitu sedikit atau tidak memiliki afinitas (ketertarikan) terhadap air.

d. Asam nukleat
Funsgi Asam nukleat sebagai pembawa faktor genetika, koenzim, pembawa energi, dan pengatur biosintesis protein. Asam nukleat merupakan polinuklotida, yaitu suatu polimer yang satuan penyusunnya adalah nukleotida. Nukleotida terdiri atas 3 komponen, yatiu basa nitrogen, pentosa, dan gugus posfat. Ada dua golongan basa nitrogen, yaitu pirimidin dan purin. Basa nitrogen pirimidin terdiri atas timin (T), sitosin (S), dan urasil (U), sedangkan purin terdiri atas Adenin (A) dan guanin (G).

KEGIATAN MANDIRI

1. Secara struktural, terdapat dua tipe sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Bandingkan kedua struktur sel tersebut.

Baca Juga :  Cerdas LKPD Biologi SMA Seri XI 3.11_1 Bahaya Penggunaan Psikotropika

2. Komponen kimiawi sel terdiri atas beberapa unsur.

a. Tuliskan unsur apa saja yang menyusun sel!

b. Kelompokkanlah unsur tersebut berdasarkan kadarnya dalam sel!

c. Isilah tabel berikut peranan dari masing masing unsur tersebut !

3. Selain senyawa anorganik sebagai komponen penyusun sel, juga terdapat senyawa organik. Tuliskan dalam tabel di bawah ini jenis senyawa tersebut dan jelaskan perannya masing – masing !

Penulis   :    Nur Risnawati Kusuma, SP., M.Pd.
Editor    :    Tim Pojok Cerdas (SM)

Sumber  :   
Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga
Arif Priadi, Yanti Herlanti, Parulian. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Yudisthira
Wesingberghe, D et. Al (1995) Anatomy and Physiology, Third Ed. New York: McGraw-Hill

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *