“Covid 19” Integrasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Posted on

 9,937 total views,  16 views today

Oleh:  Suhesty

Pandemi COVID-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan kasus. Sejauh ini pemerintah pusat melalui Tim Gugus Tugas COVID-19 yang dipimpin BNPB masih mengupayakan kebijakan social distancing atau jaga jarak. Masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas di luar dan menghindari kerumunan dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran virus.

Berkenaan dengan penyebaran Corono Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Berkenaan dengan hal tersebut Kemdikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid- 19. Salah satu poin penting dalam edaran tersebut dijelaskan bahwa belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19

Pojok Cerdas secara bertahap menurunkan artikel tentang alternatif pembelajaran bagi siswa terkait dengan Covid 19 yang terintegrasi dalam pembelajaran pada berbagai mata pelajaran di jenjang SMA. Pembelajaran tentang Covid 19 tetap terkait dengan Kompetensi Dasar yang ada pada Kurikulum yang digunakan atau bahkan menjadi implementasi pembelajaran atau pembelajaran kontekstual dari suatu Kompetensi Dasar Mata Pelajaran tertentu. Melalui pembelajaran yang terintegrasi, siswa dapat lebih paham mengenai COVID 19 yang merupakan KLB didunia dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat melalui media sosial mengenai struktur, replikasi dan pengaruhnya dalam kehidupan.

Pada mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya di Kelas XI terdapat Kompetensi Dasar tentang teks explanation lisan dan tulis, yaitu:

  • Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial .
  • Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial
Baca Juga :  Masih Berkeluh Kesah Karena Corona ?

Pembelajaran pada kompetensi dasar tersebut bertepatan dengan mewabahnya COVID 19, sehingga pembelajaran tatap muka tidak dapat dilaksanakan dan diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Salah satu cara untuk untuk pencapaian kompetensi tersebut, dapat dilakukan pembelajaran dengan menjadikan masalah pandemik COVID 19 sebagai materi pembelajaran sehingga diharapkan siswa dapat lebih memahami tentang COVID 19. Selain itu juga siswa diharapkan bukan hanya berfokus pada pemahaman capaian kognitif semata tetapi lebih ditekankan pada kemampuan perkembangan soft skill dan hard skill.

Pembuatan Skrip dan Video Tentang Covid 19 dalam Bentuk Explanation Text

Pengertian Explanation Text                   

Explanation Text adalah teks yang digunakan untuk menerangkan cara atau proses sesuatu terjadi, terutama yang berkaitan dengan fenomena alam, dunia ilmiah atau sosial budaya. Explanation Text bertujuan untuk memberitahu kepada pembaca atau pendengar bagaimana sesuatu itu terjadi untuk menjawab pertanyaan yang terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.

Karakteristik Explanation Text

  1. Menggunakan  Simple Present Tense
  2. Menggunakan chronological connection (to begin with, next, etc)
  3. Menggunakan passive voice
  4. Menggunakan technical terms
  5. Menggunakan general and abstract noun

Struktur secara Umum Explanation Text

  1. Pernyataan Umum (A general statement)
    A general statement  berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena atau peristiwa yang akan diterangkan, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasan tentang peristiwa tersebut
  2. Penjelasan Berurutan (A sequenced of explanation)
    A sequenced of explanation berisi tentang penjelasan proses mengapa dan bagaimna fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.
  3. Penutup (Closing)
    Sebenarnya closing(kesimpulan dari cerita) itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explanation yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

Mekanisme Pembelajaran                 

Baca Juga :  Bergabung pada Kelas Teams

1. Setelah memahami pengertian Explanation text, siswa diminta membuat skrip dan video singkat berupa Explanation text yang berkaitan dengan COVID 19.

Langkah-langkah membuat video

  • Explanation text  yang akan dibuat tentang fenomena COVID 19
  • Siswa terlebih dahulu menyusun naskah atau skrip dalam bentuk Ms Word
  • Pemeran dalam video itu adalah siswa yang bersangkutan
  • Durasi video yang dibuat maksimal 2 menit
  • Video yang dibuat mencantumkan title tentang fenomena yang dijelaskan
  • Aplikasi pembuat video yang digunakan diserahkan pada siswa, dapat menggunakan aplikasi pembuat video gratis yang benyak beredar.
  • Video yang dibuat tidak diperkenankan mendeskreditkan unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras) dan tidak mengandung pornografi yang berlaku di Indonesia

2.    Setelah video selesai dibuat selanjutnya  di share pada media sosial (FB, Instagram, WAG, dsb) yang dapat besifat sebagai informasi di kalangan masyarakat
3.    Siswa memantau tanggapan berupa  like, atau komentar dari pengguna media sosial yang melihat video yang telah dishare.
4.    Siswa mengumpulkan pada guru mata pelajaran berupa file naskah/skrip dan file video yang telah dibuat.

Contoh Hasil Pembelajaran yang Diperoleh             

1.    Salah satu skrip atau naskah Explanation text hasil pekerjaan siswa.

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Hi!
My name is Qisty Aulia
I’m from second grade of science two senior high school 3 in Makassar.
How are u guys today?I hope u always fine.

Well for this chance i want to talk about explanation text again, but the topic of explanation text for this time is about Covid-19. What are u guys think when u heard Corona Virus? Is it virus? or mask? hand sanitizer? or maybe Social distancing, right?

Baca Juga :  PJJ dengan Aktivasi Office 365

Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-CoV-2) or better known as corona virus is a new type of virus that can be transmitted from human to human. This virus can affect anyone, children, adults, elderly even pregnant women. So how is the process of spreading? Well this virus spreads from human to human through liquid droplets from the mouth and nose when an attractive person is coughing or sneezing. It is similar like how the flu is transmitted.

As student we can make efforts to protect ourselves and prevent the increase of this virus.

  1. Stay at home
  2. Separate ourselves from the another people or animals
  3. Wash our hands frequently
  4. Visit health service

I think that all from me. I hope all i say can be beneficial for all of us. I say thanks for listening.  And do not forget to stay safe, stay home, corona out!!

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
See yaaaaa

2.    Video tentang Explanation text hasil kerja siswa.

Penulis :   Suhesty, S.Pd. (Guru SMAN 3 Makassar)
Editor   :    Tim Pojok Cerdas (SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *