Cerdas Materi PKn SMA Seri X 3.7 Wawasan Nusantara

Posted on

 3,686 total views,  6 views today

HAKIKAT WAWASAN NUSANTARA
Hakikat Wawasan Nusantara adalah keutuhan Nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup Nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga masyarakat dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Demikian juga produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia tanpa menghilangkan kepentingan lainnya, seperti kepentingan daerah, golongan, dan perorangan. Di dalam butir-butir GBHN (Garis Besar Haluan Negara) telah diterangkan bahwa hakikat dari wawasan nusantara bisa diwujudkan dengan pernyataan bahwa kepulauan nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi, politik, sosial, budaya serta pertahanan keamanan.

ASAS WAWASAN NUSANTARA
Asas wawasan nusantara merupakan suatu kaidah atau ketentuan mendasar yang harus dipatuhi, dilakukan dan dijaga sedemikian rupa oleh seluruh elemen dari masyarakat guna melestarikan perdamaian dan juga keseimbangan keseluruhan wilayah di Indonesia. Asas wawasan nusantara tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Tujuan dan Kepentingan yang Sama.
Bangsa Indonesia memiliki kepentingan bersama ketika menegakkan dan merebut kemerdekaan dalam menghadapi penjajah secara fisik dari bangsa lain. Sekarang, bangsa Indonesia harus menghadapi penjajahan yang berbeda. Misalnya, dengan cara “adu domba” dan “memecah belah” bangsa dengan menggunakan dalih HAM, demokrasi, dan lingkungan hidup. Padahal, tujuan kepentingannya sama yaitu tercapainya kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik daripada sebelumnya.

2.    Keadilan.
Semua elemen bangsa Indonesia memiliki hak untuk memperoleh keadilan di dalam semua aspek kehidupan baik ekonomi, politik, sosial maupun hukum. Kesesuaian pembagian hasil dengan adil, jerih payah, dan kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah.

Baca Juga :  Cerdas Materi Matematika SMA Seri X 3.10_2 Grafik Fungsi Trigonometri

3.    Kejujuran.
Keberanian berpikir, berkata, dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun realita atau ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya. Demi kebenaran dan kemajuan bangsa dan negara, hal itu harus dilakukan.

4.    Solidaritas.
Diperlukan kerja sama, mau memberi, dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing. Solidaritas merupakan bentuk sikap peduli kepada orang lain. Bersedia untuk berbagi dan juga berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Sikap ini sebaiknya dilakukan masyarakat Indonesia tanpa menghilangkan ciri dan juga karakter dari masing-masing budaya.

5.    Kerja sama.
Adanya koordinasi, saling pengertian yang didasarkan  atas kesetaraan sehingga kerja kelompok, baik kelompok kecil maupun besar dapat mencapai sinergi yang lebih baik. Kerja sama dan koordinasi dilakukan berdasar pada kesetaraan untuk dapat meningkatkan efektivitas capaian tujuan bersama

6.    Kesetiaan
Kesetiaan terhadap kesepakatan ini sangat penting dan menjadi tonggak utama terciptanya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan. Jika kesetiaan ini goyah, dapat dipastikan persatuan dan kesatuan akan hancur berantakan.Kesetiaan ini dapat diwujudkan dengan melakukan beragam kegiatan sesuai dengan aturan yang ada demi terciptanya kemajuan bangsa dan Negara.

UNSUR-UNSUR KONSEPSI WAWASAN NUSANTARA
Unsur-unsur konsepsi Wawasan Nasional antara lain:

1.    Wadah (Contour)
Wadah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara meliputi seluruh wilayah Indonesia yang memiliki sifat serba nusantara dengan kekayaan alam dan penduduk serta aneka ragam budaya.

2.    Isi (Content)
Adalah aspirasi bangsa yang berkembang di masyarakat dan cita-cita serta tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Isi menyangkut dua hal yaitu 1) realisasi aspirasi bangsa sebagai kesepakatan bersama dan perwujudannya, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional; dan 2) persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.

Baca Juga :  Cerdas LKPD Biologi SMA Seri XI 3.10_1 Neuron

3.    Tata laku (Conduct)
Hasil interaksi antara wadah dan isi wasantara yang terdiri dari :

a.  Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang balk dari bangsa Indonesia.
b.  Tata laku Iahiriah yaitu tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *