Cerdas Materi Geografi SMA Seri X 3.7_5 Perairan Darat : Air Tanah

Posted on

 653 total views,  2 views today

Manfaat Air Tanah

Air tanah yang melimpah mempunyai banyak manfaat bagi makhluk hidup terutama bagi kelangsungan hidup manusia. Beberapa manfaat air tanah bagi kehidupan manusia antara lain:

  1. Pemenuhan kebutuhan hidup.
    Kehidupan manusia tak bisa lepas dari air. Manusia bisa saja tidak makan dalam kurun waktu tertentu, tapi manusia bisa mati jika tidak minum air. Manusia biasa memanfaatkan air tanah untuk keperluan air minum, mandi, mencuci, memasak dan kebutuhan lainnya. Pada umumnya, setiap rumah dilengkapi dengan sumur air tanah. Warga dapat membuat sumur tanah yang berkedalaman 5 hingga 15 meter. Kedalaman tersebut sesuai dengan daerah tempat tinggal atau kondisi tanah daerah yang akan dibuat sumur.
  2. Menjadi sumber air untuk irigasi
    Irigasi merupakan hal yang penting dalam bidang pertanian. Jika curah hujan rendah, para petani membutuhkan sistem irigasi untuk mengairi sawah. Sistem irigasi tersebut harus didukung dengan ketersedian air yang cukup. Salah satu solusi dari permasalahan ketersediaan air untuk irigasi adalah keberadaan air tanah. Para petani dapat membuat sumur bor kemudian memompa air dari dalam sumur menuju ke permukaan tanah untuk kemudian di alirkan ke sawah- sawah mereka.
  3. Penyedia air bersih
    Manfaat lain dari air tanah adalah sebagai penyedia air bersih secara alami. Air tanah tertutup di dalam lapisan tanah dan terlindungi oleh batu- batuan. Lokasinya yang berada di dalam tanah, serta telah melewati beberapa batuan menjadikan air tanah sebagai sumber air yang tidak perlu di filter lagi karena bebatuan di dalam tanah sudah menjadi penyaring alami bagi tanah, sehingga kebersihan  air  tanah  pun  terjamin. Ciri-ciri air tanah yang baik dan bersih yaitu airnya tidak keruh (jernih), tidak berasa dan tidak berwarna, mempunyai PH netral, kesadahan air rendah dan tidak mengandung bakteri yang berbahaya seperti bakteri E coli. Sementara itu, air permukaan lebih  rentan  terhadap pencemaran air karena tidak terlindungi oleh media lain. Meski demikian bukan berarti air tanah tidak bisa tercemar. Air tanah tetap bisa tercemar jika manusia tidak bijak dalam merawat lingkungan.
  4. Menjadi sumber air untuk pembangkit listrik.
    Seperti kita ketahui bahwa air merupakan salah satu pembangkit listrik, atau lebih sering disebut dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Pada umumnya, PLTA memanfaatkan air tanah permukaan yaitu berupa waduk, danau atau sungai. Akan tetapi ada juga PLTA yang memanfaatkan air tanah sebagai sumber pembangkit listrik. Contohnya di daerah Gombong Selatan. Masyarakatnya memanfaatkan air sungai bawah tanah untuk membuat sumber listrik sendiri.
  5. Menjadi laboratorium alam.
    Lokasi air tanah yang dapat dilihat dengan jelas adalah gua. Keberadaan sungai bawah tanah di dalam gua dapat dijadikan laboratorium alam oleh para peneliti. Letaknya yang agak terbuka, membuat sumber air tanah di gua cukup mudah untuk diteliti. Banyak hal yang dapat dieksplor oleh para ahli. Hal itu dikarenakan terdapat banyak organisme unik yang mendiami sungai bawah tanah.
Baca Juga :  Smart Biology Problems Seri XI.3.10_3 Sistem Indera pada Manusia

KEGIATAN MANDIRI

  1. Buatlah kelompok dan kerja samalah untuk membuat suatu makalah tentang proses kejadian air tanah dan pemanfaataannya. Buatlah power point dan persentasikan di depan kelas!
  2. Lakukan kegiatan di bawah ini dan tunjukan hasilnya kepada guru kalian. Galilah lubang kecil di tanah dan isi lubang dengan air sampai penuh. kemudian perhatikan peresapannya sampai air di lubang tersebut kosong. Begitulah peresapan air pada sebuah situ atau embun yang mengisi air tanah pada lapisan akifer. Buatlah laporan tertulis dan diskusikan dalam kelompok di depan kelas!
  3. Akhir-akhir ini di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya,Bandung,Semarang, dan Makassar air permukaan dan air tanah banyak tercemar. Carilah di Internet, perpustakaan,majalah ilmiah dan sumber lainnya, apa saja yang menyebabkan pencemaran air di kota-kota besar tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Tulisan dalam selembar kertas dan kumpulkan hasilnya kepada guru !

TERIMA KASIH

  • Penulis   :    Rifo Tri Sofiadin
  • Editor    :    Tim Pojok Cerdas (SM)
  • Sumber  :   
    • Mulyo,Bambang Nianto dan Purwadi Suhandini.2015.Geografi 1 untuk kelas X SMA /MA. Solo:PT.Tiga serangkai Pustaka mandiri.
    • Anjyani,Eni dan Hariyanto Tri. 2009. Geografi 1 untuk kelas X SMA/MA. Jakarta: PT.Cempaka Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *