lkpd fisika-01
lkpd fisika-01

Cerdas LKPD Fisika SMA Seri XI 3.8_2 Percobaan Hukum Melde

Posted on

 2,011 total views,  4 views today

KOMPETENSI DASAR

3.8       Menganalisis karakteristik gelombang mekanik
4.8       Melakukan percobaan tentang salah satu karakteristik gelombang mekanik berikut hasil presentasi hasilnya

GELOMBANG MEKANIK: PERCOBAAN HUKUM MELDE

PETA KONSEP

Peta Konsep Gelombang Mekanik: Percobaan Hukum Melde

MATERI PEMBELAJARAN

Gelombang merupakan merupakan salah satu perpindahan energi, atau sering didefinisikan sebagai getaran yang merambat. Pada saat merambat, gelombang ada yang memerlukan medium, tetapi ada juga yang tidak memerlukan. Gelombang yang memerlukan medium saat merambat dikenal sebagai gelombang mekanis. Adapun, gelombang yang tidak memerlukan medium saat merambat dikenal sebagai gelombang elektromagnetik. Berdasarkan dimensi perambatannya, gelombang dapat dibagi menjadi tiga, yaitu gelombang satu dimensi, dua dimensi (bidang), dan tiga dimensi (ruang).

Jenis Gelombang Berdasarkan Arah Getarannya.
1.    Gelombang tranversal

Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah perambatnya. Gelombang transversal merambat dalam bentuk kurva sinusoida. Pada kurva sinusoida terdapat bukit dan lembah gelombang yang menunjukkan simpangan getar gelombang. Gelombang yang terdiri dari satu bukit dan satu lembah dikatakan mempunyai satu panjang gelombang (λ). Jika panjang tali s, banyaknya gelombang (n) yang terjadi di sepanjang s dapat ditentukan dengan rumus:

Cepat rambat gelombang transversal dapat dicari melalui persamaan:

Keterangan :
V = cepat rambat gelombang (ms-1)
λ = panjang gelombang (m)
T = periode gelombang (l)
 f = frekuensi gelombang (Hz)

2.    Gelombang longitudinal
Gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah getarnya searah dengan arah perambatannya, contohnya gelombang bunyi. Rapatan dan renggangan yang berjalan inilah yang disebut gelombang longitudinal. Gelombang longitudinal hanya dapat merambat melalui medium, tidak dapat merambat melaui ruang hampa.

Suatu rapatan dan renggangan pada gelombang longitudinal disebut panjang gelombang (λ). Waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak sepanjang lintasan satu rapatan dan renggangan disebut periode (T). adapun banyaknya rapatan atau renggangan yang terjadi tiap sekon disebut frekuensi (f), maka:

Baca Juga :  L2_Contoh Format Pembagian Ruang Peserta Ujian Sekolah

Jenis Gelombang Berdasarkan Amplitudonya

1.    Gelombang berjalan
Gelombang berjalan terlihat bergerak atau berjalan dari tempat satu ketempat yang lain. Jadi, pada suatu tempat (titik) tertentu, amplitudonya selalu berubah. Persamaan umum gelombang berjalan :

2.    Gelombang Stasioner
Gelombang stasioner merupakan gelombang yang terjadi karena interferensi antara gelombang dating dengan gelombang pantul. Gelombang stasioner tidak hanya terjadi pada medium yang berupa dawai, tetapi juga dapat terjadi pada medium cair ataupun gas. Persamaan umum gelombang stasioner:

Alat Melde merupakan contoh dari alat yang membentuk gelombang stasioner untuk ujung terikat. Alat tersebut digunakan pada suatu percobaan yang menggunakan alat sonometer. Dari hasil percobaan diperoleh grafik hubungan antara frekuansi kuadrat (f2) dengan gaya (F) berbentuk garis lurus.  Oleh karena v = f λ dan besar λ tetap maka diperoleh hubungan v2 ~ F. disamping itu juga diperoleh hubungan frekuensi kuadrat dengan kerapatan panjang dawai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *